Senin, 27 Mei 2013

semoga kita semua dapat belajar dari hal-hal kecil yang kita lakukan bersama-sama (sebuah refleksi dari aksi sablon gratis dan nonton bareng)


Masih dari ruang kecil insominasi. Acara yang kami rencanakan beberapa hari yang lalu akhirnya terlaksana hari ini kamis 23 mei 2013, lancarr. Banyak yang antusias ikut meramaikan acara meski sebagian teman yang diharapkan datang tak datang. Tak mengapa, acaranya tetaplah menyenangkan meski lelah sebab kami kurang tidur sejak  dua malam yang lalu.

sejak malam pertama kehadiran infocus diruang insominasi. Susah tidur kami bertambah parah. Kami bersama dengan la jasmudin sibuk mempersiapkan perlengkapan acara, menyediakan layar, bersi-bersih, dan memastikan kelengkapan yang lain terpenuhi. Sebenarnya kami telah saling menyarankan satu sama lain untuk tidur lebih awal. Tapi selalu saja kami menunggu pagi untuk bisa tidur. Insominasi, pecinta malamlah. Hiihi.

Dari hasil kami mengobrol ringan bersama jasmudin, kami memutuskan untuk mempercepat pelaksanaan acara. Mengingat infokus yang dipinjamkan yang katanya punya job banyak itu, takut diminta mendadak. Akhirnya keputusan bulat. Acara dilaksanan dua hari setelahnya. Ya jadilah hari ini. Nah, si jasmudin inilah yang paling berjasa dari awal rencana acara sampai akhir pelaksanaan. saya sendiri heran sama kekuatan si anak pulau itu. Padahal kita sama-sama anak pulau deh, mungkin dia makan ikan lebih banyak dari saya. Uppss,,,kembali ketopik. Fokusss!fokuss!, kata la peka.

Malam kedua makin parah lagi susah tidurnya. Bagaimana tidak, kami begitu bersemangat hingga rencana tidur lebih awal kami batalkan karena keinginan kami untuk berkaraoke ria sampai pagi, huahhh…. Tak ada mic, tapi hantam saja. Yang menguasai arena ya siapa lagi. Saya, meski dengan suara cempreng rada-rada tercekik ditiap reffnya. Sambil nahan kantuk malah, la peka senyum-senyum saja tuh disudut dinding, sandar-sandar sambil request lagu.  Akhirnya yang berebutan nyanyi Cuma saya , jasmudin, dan, ohya, ada seseorang yang datang  bantu-bantu persiapan acara juga malam itu. La tora. Waduhh, trimakasih ya tora. Semoga kita semua dapat belajar dari hal-hal kecil yang kita lakukan bersama-sama.

Hari pelaksanaan, tendengdendeng (bunyi music seram), terus terang saya tegang. Entah bagaimana dengan yang lain. Yang saya tau. Saya mulai KO duluan tapi mereka tetap semangat mondar-mandir mengurusi semuanya. Saya hanya bisa bantu-bantu sedikit sambil sesekali mencuri-curi waktu untuk masuk bersembunyi dikamar, meluruskan badan yang belakangan sangat cepat kelelahan.maaf,maaf yaa….:)

Hari ini benar-benar parah, susah tidur berlanjut sampai pagi, karena satu beban pikiran kami. Tentang obat perekam yang masih berfungsi atau tidak. Akhirnya, setiap kali mau tidur, kami selalu dihantui pikiran itu yang memaksa kami untuk bangkit, membatalkan tidur kami. Kami mulai melakukan persiapan untuk perekaman gambar ketika jarum jam menunjuk angka 09.00 WITA. Perekaman selesai sekitar jam 11.00, yang tentu saja sesuai tebakan kami sejak awal. Perekaman gambarnya gagal, obatnya sudah tak berfungsi lagi. Akhirnya, Kami sedikit memaksa mata untuk terpejam, melupakan sejenak tentang hasil perekaman yang mengecewakan dengan janji kami akan bangun lebih awal untuk mencari obat perekam. Maka tidurlah kami (zzztthhhhh…..zzzztttthhhhh…..)

Terbangun lagi sekitar pukul 02:00. Nol dan jasmudin meluncur, mencari obat perekam. Semangat! Sekembalinya, kami memulai perekaman. Kami mulai merekam gambar . Disini juga kami menemukan sedikit masalah, bedanya, ini tentang pencahayaan. Lampu yang kami punya tak cukup untuk menerangi ketiga gambar yang dimuat dalam satu screen berukuran 40X30 cm . akhirnya yang jadi Cuma 4 gambar. Lumayanlah. Heehee… semangat!

Pukul 17.30, waktu yang kami janjikan dalam undangan. Teman-teman mulai berdatangan. Dan dimulailah acara “sablon gratis”, satu-satu mulai berebutan ingin bajunya disablon duluan. Karena acara ini mengacu pada DIY(do it your self) maka kami membiarkan teman-teman untuk menyablon sendiri bajunya. Ayo semangat tarik tintanya, jangan lupa sertakan cinta. Iya kan nol?
Semua baju telah tersablon. Ada yang tintanya sedikit meluber. Tapi tak apalah, inikan buatan tangan yang tak dapat dibayar dengan harga seamahal apapun. Itulah yang membedakan tangan kita dengan mesin-mesin di pabrik-pabrik sana kawan! Tinju saja hidung mereka yang menghina karya tanganmu!

ouwwhh, ada ubi gorengan jasmudin sama marlan. Enak-enak, makannnnn! Acara nonton bareng dimulai. Kami meniadakan aturan dalam acara ini. Termasuk soal tetek bengek tentang susunan acara. Kalian boleh pulang jika sudah bosan. Dan silahkan duduk terus sampai kapanpun anda mau, mungkin tak mahal, tapi akan selalu ada yang kami sajikan buat kalian. Diluar, banyak yang baru berdatangan ketika pagi akan kembali datang.Ar

0 komentar:

Posting Komentar